Rabu, 01 Mei 2019

Perkembangan TI dalam Dunia Jurnalistik

Nama : Nur Hidaya
Nim :C1D318004
Kelas :Jurnalistik Genap

PERKEMBANGAN TEKNOLOGI INFO RMASI DALAM DUNIA JURNALISTIK

Saat ini perkembangan teknologi dalam berbagai bidang kehidupan,termasuk dalam bidang jurnalistik ,yang berkembnag dari tahun ke tahun terutama setelah munculnya intenet.Semua orang yang hidup di generasi sekarang ini dituntut untuk melek teknologi dan haus informasi, agar dapat mengikuti arus perkembangan jaman. Begitu pula para jurnalis, mereka harus mampu menguasai teknologi modern yang sedang berkembang.
Saat ini dengan berkembangnya internet, muncul jurnalistik multimedia. Dimana penyajian berita dilakukan melalui jaringan internet, yang memampukan media untuk menampilkan berita dalam bentuk teks, gambar, audio, serta video sekaligus. Berkembangnya komunikasi online, juga memunculkan trend baru dalam dunia jurnalistik, yaitu jurnalistik online.
Perusahaan media cetak raksasa sudah mulai merambah segmen pasar dan pembaca berita dengan membuat media versi online, atau media internet. Media massa memang dituntut untuk melakukan integrasi dengan media baru, agar tidak kalah bersaing dalam menyebarkan serta melakukan update beritanya. Selain itu juga untuk memenuhi harapan pelanggan setianya, baik pelanggan versi online maupun cetak.
Proses pengumpulan informasi melalui internet pun dapat dilakukan dengan cepat, sebab tidak perlu melalui penerbitan pers terlebih dahulu. Berita dapat di upload dan di update dalam hitungan detik. Situs berita tidak lagi bersifat komplementer, namun menciptakan sinergi antara isi siaran, infrastuktur jaringan telekomunikasi, serta perangkat penggguna sehingga mampu menghadirkan jurnalisme online dengan perspektif multimedia.
Perubahan teknologi yang berkembang pada era yang lebih cepat,juga membawa dampak pada dunia jurnalistik.perubahan itu membuat segala informasi dan data-data yang didapatkan semakin mudah.dengan perkembangan teknologi dan munculnya internet membuat jurnalisme memiliki keuntungan yaitu kecepatan pembaharuan dan jaringan yang luas.
Pesatnya kemajuan media infomasi ini cukup memberikan kemajuan yang sangat signifikan.media cetak maupun elektronik pun saling bersaing kecepatan sehingga tidak ayal bila pemburu berita dituntut kreativitasnya dalam penyampaian informasi.penguasaan dasar-darar jurnalistik merupakan modal yang amat penting manakala kita terjun dalam dunia jurnalistik,keberadaan media tidak lagi sebatas penyampaian yang actual kepada masyarakat akan tetapi media juga mempunyai tanggung jawab yang berat dalam menampilkan fakta-fakta untuk selalu bertindak objekif dalam setiap pemberitahuannya.Maka dari itu teknologi sangat berperan penting dalam dunia jurnalistik karena teknologi membuat semuanya menjadi lebih mudah contohnya,sekarang ini media cetak sudah kurang diminati karena terbilang lamabat dalam menyampaikan berita atau informasi namaun karena kemajuan teknologi banyak media cetak yang beralih pada media online seperti kompas,detik.com dan lain sebagainya.
Kemajuan teknologi informasi membuka ruang kehidupan manusia semakin luas,kemajuan teknologi menyentuh segala aspek kehidupan termasuk dalam dunia jurnalistik,jurnalis adalah tokoh yang ditunggu kehadirannya dalam hal ini jurnalis memonopoli tugas sebagai penyebar informasi yang akurat dan dapat dipercaya.
Salah satu hasil dari perkembangan teknologi yang memudahkan akses masyarakat terhadap penyebaran informasi adalah  munculnya situs-situs jaringan social seperti twitter,facebook,whatshap,instagram,dan lain sebagainya dan juga hadirnya penyedia  blog seperti blogspot,wordpress dan lain-lain.wadah ini kemudian digunakan untuk menyebar informasi yang diperolehnya.jadi tidak salah jika saat ini banyak tulisan di berbagai situs jejaring social dan blog yang cenderung berisi makian bahkan sampai mengandung unsur pencemaran nama baik seseorang.
Menurut saya tantangan jurnalis dimasa yang akan datang sangat berat karena para jurnalis harus bisa bersaing untuk menerbitkan sebuah berita kepada masyarakat dan para jurnalis harus bisa menguasai teknologi itu sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar